Beranda > berita, PEMILU, politik > Skor Psikologi Kepribadian Jokowi 7, Prabowo

Skor Psikologi Kepribadian Jokowi 7, Prabowo


JAKARTA – Survei Aspek Kepribadian Calon Presiden dan Wakil Presiden 2014 mencatat pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) jauh lebih mempunyai kemampuan melihat permasalahan secara komprehensif.

Bahkan, seperti dijelaskan Guru Besar Psikologi Universitas Indonesia, Hamdi Muluk, pasangan nomor urut 2 itu jauh lebih mampu menterjemahkannya menjadi kebijakan yang konkrit dibanding pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.pilpres

Karena berdasarkan survei Laboratorium Psikologi Politik Universitas Indonesia bekerjasama dengan Ikatan Psikologi Sosial Indonesia, Ikatan Psikologi Klinis Indonesia, dan Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran, Kamis (2/7/2014), Jokowi-JK mengalahkan Prabowo-Hatta.

Pada urutan pertama terlihat JK dinilai 204 responden yang terdiri dari psikolog, sebagai sosok yang memiliki dua kemampuan tersebut dengan nilai 7,98 dan Jokowi pada nilai 7,79 dengan range nilai 0-10.

“Kita juga tanyakan bagaimana menurut Anda apakah tokoh ini memiliki kemampuan memahami permasalahan secara komprehensif dan menterjemahkannya menjadi kebijakan-kebijakan yang kongkrit? Disini Jusuf Kalla lebih unggul, setelah itu Pak Jokowi dan Prabowo dan Hatta Rajasa,” jelasnya dalam jumpa pers rilis survei tersebut di Jakarta, Kamis (3/6/2014).

Selain itu JK juga dinilai sebagai tokoh yang mempunyai kemampuan untuk mengeluarkan ide-ide cemerlang sebagai solusi untuk mengatasi berbagai persoalan negara saat memerintah nantinya.

“JK dianggap lebih memiliki kemampuan dibanding yang lain,. Malah yang terakhir Pak Hatta Rajasa dianggap bias-biasa saja,” ungkap Hamdi Muluk.

Berdasarkan Survei Aspek Kepribadian Calon Presiden dan Wakil Presiden 2014 itu, JK memiliki nilai 7,91 dari range nilai 0-10. Sedangkan posisi kedua terdapat Jokowi dengan nilai 7,76. Sementara Prabowo Subianto 6,66 dan Hatta Rajasa dinilai biasa-biasa saja dinilai 6,07.

Metodologi penelitian ini dilakukan dengan Responden survei ini adalah psikolog yang memiliki pengetahuan dan pengalaman melakukan penilaian kepribadian? Pengambilan data: 18 – 27 Juni 2014, dengan 204 responden yang terdiri dari psikolog.

Jumlah 204 psikolog dari seluruh Indonesia dianggap telah mewakili karena 80 persen psikolog berada di Pulau Jawa. Sedangkan Prosedur responden terlebih dahulu diminta membaca bagian biografi para calon kemudian mereka menilai aspek kepribadian dan memberikan prediksi ke depa

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s