Beranda > berita, PEMILU > Video Ahmad Dhani, Kedubes Jerman: Penggunaan Simbol Nazi di Jerman Bisa Dituntut Hukum

Video Ahmad Dhani, Kedubes Jerman: Penggunaan Simbol Nazi di Jerman Bisa Dituntut Hukum


Jakarta – Kontroversi pakaian Ahmad Dhani dalam video klip kampanye Prabowo-Hatta yang mirip petinggi seragam petinggi pasukan SS Nazi Heinrich Himmler bergulir kencang. Pihak Kedubes Jerman sendiri berkomentar soal pakaian yang dikenakan Dhani itu.

“Kemiripan dari pakaian dan tanda penghargaan serta kepangkatan yang dikenakan sangatlah dekat,” jelas Kepala Bagian Pers dan Kebudayaan Kedutaan Jerman Michael Hoffmann saat dikonfirmasi lewat surat elektornik, Selasa (1/7/2014).

Tak heran kalau kemudian media terkemuka Jerman Der Spiegel mengkritik seragam Ahmad Dhani itu. Pihak Jerman menyebut kalau di negeri Bavaria itu, Nazi masih menjadi isu sensitif.

“Tentu saja. Tanggung jawab dari kejahatan, yang dilakukan pada zaman Nazi, di Jerman adalah bagian dari sejarah bagaimana negara Jerman terbentuk. Di dalamnya termasuk perlindungan terhadap harga diri dari para korban yang dilaksanakan dalam budaya mengenang hal tersebut, yang benar-benar dijalankan serta penolakan terhadap segala cobaan yang berusaha menganggap bahwa kejahatan rezim Nazi sebagai hal yang lumrah dan wajar,” terang dia.

Menurut Hoffman, penggunaan atau segala sesuatu yang mengarah pada simbol Nazi bisa berujung pada pidana.

“Di Jerman penggunaan simbol-simbol dan petunjuk-petunjuk yang mengarah pada ideologi fasis Nazi dapat dijadikan alasan untuk suatu tindakan penuntutan hukum. Hal yang sama berlaku bilamana seseorang menganggap bahwa Holocaust adalah suatu cerita kebohongan serta bilamana dia menggangap bahwa pemerintahaan Nazi adalah sesuatu yang dapat diagungkan,” urainya.

Hoffman juga menyampaikan bahwa kini pemerintah Federal Jerman berupaya membentuk Jerman yang modern. “Yang antara lain berarti melihat sejarah dengan kaca mata yang berbeda, yang mana termasuk didalamnya bertanggungjawab atas segala kejahatan dari Rezim Nazi serta mengenang dan berduka atas korban-korban dari kediktaktoran tersebut,” tutupnya.

Sebelumnya kepada detikcom, Rabu (25/6/2014), Ahmad Dhani bos Republik Cinta Management itu mengungkapkan, kostum yang dikenakannya tersebut tak ada hubungannya dengan Indonesia.

“Apa hubungannya tentara Jerman sama Indonesia. Apa hubungannya tentara Jerman sama musisi Indonesia?” ujarnya.

“Kita ini orang Indonesia tidak ikut membunuh jutaan orang yahudi kan?” lanjutnya.

KAU TEMANKU WALAU BANYAK ORANG MENGANGAP SALAH MAKA TETAP AKU BELA ,

Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyatakan tidak membiayai videoklip kampanye Prabowo-Hatta yang dibikin Ahmad Dhani. Video itu menjadi kontroversial lantaran menampilkan atribut Nazi yang dikenakan Dhani.

“Tidak ada sepeser pun dana untuk membuat videoklip Ahmad Dhani. Itu adalah inisiatif dari saudara Ahmad Dhani sendiri dan kami sangat menghargai, sangat apresiasi,” kata Fadli Zon di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (27/6/2014).

Fadli mengapresiasi kreativitas Ahmad Dhani itu. Meski tak dapat dipungkiri video itu menuai reaksi dari beberapa elemen masyarakat termasuk kubu Jokowi, namun Fadli justru itu merupakan bukti bahwa video itu memang bagus.

“Justru karena terlalu bagus, saking kerennya, sehingga membuat pihak lawan agak berkeringatan. Protes dan sebagainya. Kalau tidak bagus, nggak akan gitu reaksinya,” argumen Fadli.

Fadli sangat menghargai video tersebut. Menurutnya, suara-suara para penyanyi yang tampil di video itu berkualitas sangat baik. Meski pihak Dhani sudah menarik video itu dari akun Republik Cinta Management di Youtube, namun Fadli tetap berujar bahwa video itu merupakan karya terbaik sepanjang Pemilu ini.

“Menurut saya ini video terbaik dalam kampanye di Pemilu 2014. Menurut saya bagus,” klaimnya.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s