Beranda > berita, PEMILU > Riset: Netizen Lebih Banyak Dukung Jokowi pada Debat Semalam

Riset: Netizen Lebih Banyak Dukung Jokowi pada Debat Semalam


Jakarta – Debat calon presiden ke-3 antara Prabowo Subianto dan Joko Widodo membahas topik tentang Ketahanan Nasional dan Politik Internasional. Seperti pada debat-debat sebelumnya, debat kali ini juga diramaikan oleh hashtag dukungan untuk kedua Capres di media sosial.debat capres 3

Untuk Prabowo ada beberapa hashtag, seperti #No1_PrabowoHatta, #IndonesiaAman dan #PrabowoHattaNo1. Sementara hashtag untuk Jokowi antara lain #TegasPilih2, #Salam2Jari dan #JokowiJK_adalahKita. Serta ada beberapa hashtag umum seperti #DebatCapres3 dan #DebatCapres.

Menurut PoliticaWave, hashtag yang paling banyak dipercakapkan netizen didominasi oeh hashtag dukungan terhadap Jokowi, yaitu #TegasPilih2 sebesar 78.296 percakapan, #JokowiJK_adalahKita sebesar 18.782 percakapan dan #Salam2Jari sebesar 14.572 percakapan.

Hashtag dukungan terhadap Prabowo, yaitu #PrabowoHattaNo1 mendapatkan 22.636 percakapan, #IndonesiaAman mendapatkan 20.553 percakapan dan #No1_PrabowoHatta 19.898 percakapan.

Hashtag #TegasPilih2 dan #JokowiJK_adalahKita merupakan hashtag dukungan terhadap Jokowi yang berhasil menjadi Trending Topic Worldwide, bahkan #TegasPilih2 berhasil menjadi Trending Topic Worldwide peringkat 1. Hashtag dukungan Prabowo yang berhasil masuk menjadi Trending Topic Worlwide adalah #IndonesiaAman dan #No1_PrabowoHatta.

“Namun dari 4 hashtag yang berhasil masuk Trending Topic Worldwide hanya #TegasPilih2 yang berasal dari percakapan netizen. 3 hashtag lainnya lebih banyak digenerate oleh akun BOT, bukan netizen asli,” kata Yose Rizal, pendiri PoliticaWave, dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/6/2014)

Beberapa topik dalam debat berhasil mendapatkan respon besar dari netizen dan masuk menjadi Trending Topic Worldwide, yaitu Prabowo banyak memuji keberhasilan SBY, Politik Internasional, Prabowo hatta atau jokowi jk, ketahanan nasional, palestina, G to G, mahkamah internasional, kenapa jokowi nyengir, pilihsalam1jari, panser banteng, tank leopard, laut cina selatan, dan main battle tank.

Secara keseluruhan debat dari enam segmen, total percakapan tentang Prabowo sebesar 46.769 dan Jokowi sebesar 140.503. Net Sentimen (Margin percakapan positif dan negatif) Prabowo sebesar 22.633 dan Jokowi sebesar 112.420.

“Netizen lebih mendukung Jokowi daripada Prabowo di semua segmen pada debat kali ini,” pungkas Yose Rizal.
(Yus Ariyanto)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s