Beranda > berita, nasional > Malaysia Berjanji Tindak Tegas Polisi Pemerkosa

Malaysia Berjanji Tindak Tegas Polisi Pemerkosa


MEDAN, — Pemerintah Malaysia berjanji akan menindak tegas pelaku pemerkosaan terhadap tenaga kerja wanita Indonesia. Tiga polisi yang menjadi tersangka telah ditahan dan diskors selama proses penyidikan. Mereka terancam penjara selama 20 tahun.

Demikian dikatakan Konsul Jenderal Malaysia di Medan, Ahmad Rozian Abd Ghani, di Medan, Senin (12/11/2012).

“Kami telah menangkap tiga polisi berkaitan dengan kasus rogol (pemerkosaan) ini,” ujarnya kepada para wartawan. Hadir juga Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Parlindungan Purba dan Darmayanti Lubis.

Dia menambahkan, pihaknya belum mendapat identitas secara jelas nama dan jabatan ketiga polisi yang menjadi tersangka itu. Namun, mereka ditahan selama tujuh hari untuk menjalani pemeriksaan. Jika selama tujuh hari belum ada bukti yang menguatkan dugaan tersebut, penahanan diperpanjang hingga 14 hari.

Menurut Rozian, Pemerintah Malaysia menerapkan aturan, jika selama 14 hari belum juga terdapat bukti, ketiga tersangka akan dikenakan tahanan kota. “Mereka dilarang keluar kota dan harus melapor ke kantor polisi setempat,” ujarnya.

Rozian mengatakan, bila ketiga polisi tersebut terbukti bersalah, mereka dijerat Seksyen 376 Kanun Keseksaan tentang pemerkosaan. Ancamannya hukuman penjara selama 20 tahun dan hukuman cambuk.

Anggota DPD Parlindungan Purba mengatakan, pihaknya telah mengirim surat ke Ketua DPD Irman Gusman. Surat tersebut antara lain berisi desakan kepada Pemerintah Diraja Malaysia dan Pemerintah Indonesia untuk serius menangani kasus ini.

Sebagaimana banyak diberitakan, kasus pemerkosaan yang menimpa SM (25) diduga terjadi pada Jumat (9/11/2012). Saat itu, SM pulang kerja dan dicegat polisi. Saat ditanya tentang identitas diri, SM hanya dapat menunjukkan fotokopi paspor. Polisi lantas membawanya ke kantor polisi dan di sanalah korban diduga diperkosa.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s