Beranda > berita, korupsi > Pengakuan Ahok Soal ‘Uang Panas’ Diamini Eks Anggota DPR

Pengakuan Ahok Soal ‘Uang Panas’ Diamini Eks Anggota DPR


Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengungkap pengalamannya menolak ‘uang panas’ saat menjadi anggota Komisi II DPR. Pengakuan Ahok ini diamini oleh mantan anggota Komisi I DPR Yuddy Chrisnandi.

“Ya memang DPR itu kan penuh dengan godaan dan cobaan. Kalau nggak kuat-kuat mental dan iman dia akan mudah tergiur pada hal yang sifatnya materi. Dia bisa menggunakan kewenangan, posisi, dan kedudukannya untuk memperkaya diri sendiri,” kata Yuddy yang juga pernah satu partai dengan Ahok di Golkar ini, saat berbincang dengan detikcom, Rabu (31/10/2012).
ahok
Menurut Yuddy, DPR punya wewenang sangat kuat di bidang pembahasan anggaran, penganggaran lembaga, dan hubungan dengan mitra kerja. Belum lagi fungsi legislasi dan pengawasan.

“Di situ ada celah untuk melakukan penyalahgunaan kekuasaan dan di situlah tantangannya. Kalau yang nggak kuat cobaan dia akan terjerumus. Karena tidak sedikit anggota DPR yang terlibat mark up anggaran atau main proyek atau dia menjadi bagian dari konspirasi dengan banyak pihak,” beber Yuddy yang kini menjabat sebagai Ketua DPP Partai Hanura ini.

Padahal, menurut Yuddy, kalau anggota DPR benar-benar menghayati keberadaan sebagai wakil rakyat, harusnya mereka tidak terjerat korupsi. “Ini pekerjaan besar bagi parpol untuk mempersiapkan caleg yang terbaik untuk memperbaiki DPR,” ujar Yuddy yang akan maju lagi di Pileg 2014 ini.

Sebelum menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) adalah seorang anggota DPR RI. Ahok bercerita soal ‘uang panas’ yang pernah ditolaknya saat menjadi anggota Komisi II.

“Waktu baru masuk pernah dikasih duit oleh ketua tapi sudah almarhum,” ujar Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (31/10/2012).

Ahok mengatakan saat itu dirinya ditawari uang sebanyak Rp 10-15 juta. Menurut Ahok, saat itu tidak ada alasan jelas mengapa uang itu diberikan kepadanya.

  1. November 12, 2012 pukul 4:35 am

    I simply want to mention I am newbie to weblog and absolutely loved you’re web site. Probably I’m going to bookmark your blog post . You certainly have impressive stories. Thanks a bunch for sharing your webpage.

  2. November 12, 2012 pukul 5:23 am

    I simply want to mention I’m new to blogs and really loved this web page. Probably I’m planning to bookmark your blog . You definitely come with impressive writings. Thank you for revealing your blog site.

  3. November 12, 2012 pukul 7:15 am

    I just want to tell you that I am just beginner to blogs and certainly savored you’re web page. Almost certainly I’m going to bookmark your website . You actually have terrific well written articles. Regards for sharing with us your web page.

  4. onebuckresume
    Januari 2, 2013 pukul 4:53 pm

    Generally I do not read report on blogs, but I would prefer to say that this write-up incredibly forced me to attempt and do it! Your writing style has been shocked me. Thanks, pretty good short article.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s