Beranda > artis, korupsi > IPW: Perintah SBY Pukulan Telak untuk Polri

IPW: Perintah SBY Pukulan Telak untuk Polri


JAKARTA, KOMPAS.com — Perintah Presiden SBY agar kasus hukum dugaan korupsi pengadaan simulator SIM yang melibatkan mantan Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Djoko Susilo ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinilai sebagai pukulan telak bagi Polri, khususnya para elitenya.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane menilai, keputusan tersebut jelas-jelas mempermalukan posisi Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Komjen Sutarman, yang selama ini cenderung ngotot mempertahankan kasus tersebut.sby

“Secara tersirat keputusan itu sama artinya menelanjangi Kabareskrim Polri. Dengan adanya Keputusan Presiden ini, sudah saatnya Kapolri mengevaluasi jabatan Kabareskrim dan segera menyerahkan seluruh penanganan kasus simulator SIM ke KPK, termasuk tersangka yang ditahan,” kata Neta di Jakarta, Senin (8/10/2012) malam.

Selain itu, berdasarkan perintah Presiden SBY, Kapolri Jenderal Timur Pradopo harus segera mengusut perwira polisi yang memerintahkan penyerbuan ke Gedung KPK untuk menangkap Novel, kemudian mencopot jabatan perwira tersebut dan memerintah Propam untuk memeriksanya.

“Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan keinginan sejumlah elemen Polri untuk melakukan proses hukum terhadap Komisaris Novel Baswedan dalam dugaan terbunuhnya seorang warga sebagai tidak tepat, baik dari segi waktu maupun pendekatannya,” tutur Neta.

IPW, kata Neta, memberi apresiasi pada sikap tegas Presiden SBY agar konflik KPK-Polri segera diakhiri sehingga pemberantasan korupsi, terutama di Polri, dapat dilakukan oleh KPK secara maksimal.

Berita terkait dapat diikuti di topik: KPK Vs Polri.

Sumber :
Antara
Editor :
Ana Shofiana Syatiri

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: