Beranda > berita, nasional > KRL Anjlok di Cilebut, KRL Mania: Ini Teguran untuk PT KAI

KRL Anjlok di Cilebut, KRL Mania: Ini Teguran untuk PT KAI


Jakarta Untunglah tidak ada korban jiwa saat KRL Commuter Line dari Bogor ke Jakarta anjlok di Stasiun Cilebut. Menurut KRL Mania, peristiwa itu teguran bagi PT KAI selaku penyedia moda kereta api untuk lekas berbenah.
krl
“Ini teguran, terutama dari sisi safety. Kita sudah teriak-teriak agar keamanan ditingkatkan, kenyamanan ditingkatkan,” ujar aktivis KRL Mania, Nurcahyo, dalam perbincangan dengan detikcom, Kamis (4/10/2012).

Nurcahyo bertanya-tanya apakah kecelakaan tersebut berhubungan dengan pengecekan rel yang tidak optimal. Dia menyayangkan musibah ini terjadi pada hari keempat kenaikan tarif KRL Commuter Line senilai Rp 2.000.

“Semua siap, semua bisa terima (kenaikan tarif) kalau ada aturan dan standar pelayanan yang jelas,” imbuh Nurcahyo.

Para penumpang membutuhkan KRL yang aman dan nyaman. Tapi yang terjadi saat ini keamanan dan kenyamanannya belum maksimal. Bahkan Nurcahyo menyebut kenyamanan KRL masih banyak yang menyedihkan.

“Perlu evaluasi dan penyelidikan menyeluruh. PT KAI harus menjelaskan ini penyebabnya apa, apakah ada sabotase atau kelalaian agar tidak terulang lagi,” harap pelanggan KRL asal Depok ini.

Saat musibah semacam itu terjadi, imbuh Nurcahyo, seharusnya ada contingency plan yang cepat. Dengan demikian penumpukan calon penumpang di stasiun-stasiun selepas daerah musibah tidak telantar.

“Misal kecelakaan di Stasiun Cilebut, jangan sampai penumpang ke Jakarta dari stasiun setelah Cilebut terlalu lama telantar. Jangan sampai ada kekosongan sehingga putus perjalanannya. Harus ada SOP yang cepat,” tutur Nurcahyo.

Sebelumnya KRL 435 yang berangkat dari Bogor ke Jakarta anjlok di Stasiun Cilebut pada pukul 06.15 WIB. Kereta anjlok diduga karena rel gompal. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini. Namun dampaknya perjalanan KRL ke tempat kerja di Jakarta terganggu. Butuh waktu 8 jam untuk melakukan evakuasi.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s