Beranda > jakarta pusat > Jokowi Rencanakan “Betawi Batik Day”

Jokowi Rencanakan “Betawi Batik Day”


Hari ini, Selasa (2/10/2012), merupakan Hari Batik Nasional. Sebagian warga Indonesia, termasuk di Jakarta, memperingatinya dengan mengenakan batik di berbagai tempat.jokowi

Namun, tidak demikian dengan Joko Widodo, yang telah ditetapkan sebagai gubernur terpilih DKI Jakarta 2021. Pria asal Solo yang akrab disapa Jokowi ini justru memilih kemeja kotak-kotak warna merah dan biru saat dijumpai di Hotel Bidakara, Selasa petang. Di tempat tersebut Jokowi bertemu dengan komunitas Sunda yang telah membantunya meraih kemenangan dalam pemilihan kepala daerah DKI Jakarta tahun ini.

Seusai acara itu, sejumlah wartawan bertanya mengapa ia ini tidak memakai batik pada Hari Batik Nasional kali ini. Mendapat pertanyaan seperti itu, Jokowi menjawabnya dengan santai. “Iya, enggak, enggak. Tapi ada (batik) kok,” katanya sambil terkekeh.

Sambil berjalan, pria ini menjawab pertanyaan-pertanyaan lain dari wartawan, terutama soal program-programnya yang akan dijalankannya jika sudah dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta. Tidak beberapa lama kemudian, Jokowi masuk ke dalam kamar kecil. Tidak sampai 5 menit kemudian, Jokowi keluar dengan baju barunya, kemeja batik cokelat lengan panjang.

“Nih, saya sudah ganti. Hari Batik. Kalau acara santai, ya pakai bajunya disesuaikan. Kalau acara yang resmi, pakainya yang formal dulu,” kata Jokowi sambil tersenyum lebar.

Menurut Jokowi, kecintaannya akan batik tidak bisa dipertanyakan lagi. Di tempat asalnya, Solo, Jawa Tengah, batik merupakan pakaian sangat sangat lekat dengan kehidupan warganya. Di lingkungan pemerintah Kota Solo, kata Jokowi, para pegawai negeri sipil mengenakan batik tiga kali dalam sepekan.

Bagaimana jika ia nanti pindah ke Jakarta dan memimpin warga Ibu Kota? Ternyata Jokowi sudah punya rencana untuk “memboyong” tradisi memakai batik tersebut di lingkungan pemerintah Provinsi DKI Jakarta. “Di sini juga ada kan batik Betawi. Apa yang baik jadi harus dilanjutkan,” ujarnya.

Dalam debat calon gubernur dan wakil gubernur jelang putaran kedua Pilkada DKI beberapa waktu lalu, Jokowi juga melontarkan gagasan mengenakan batik Betawi pada hari tertentu.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s